Dzikir Wanita Pagi Dan SOre

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Ya Hayyu , Ya Qayyuum , Birahmatika Astaghiitsu wa laa Takilnii ila Nafsii Thorfata 'Aini Wa Ashlih lii Sya''nii kullahu...

Seluk Beluk Haid (Menstruasi)

    Beberapa hari yg lalu saya mendaptkan undangan sebuah acara konferensi kewanitaan tentang pembahasan sex dan kewanitaan .  Awal-awal memasuki ruangan saya merasa biasa saja , karna saya pikir ini adalah hal umum yg sudah banyak diketahui oelh sebagian besar remaja dan wanita dewasa. Tapi memasuki tahap penjelasan , saya benar2 tersadar karna sebenarnya ada banyak sekali hal yg baru sedikit persen wanita ketahui tentang kewanitaan .Dari situ saya mendapatkan banyak sekali pengatahuan yg selama ini saya pikir tidak penting . Dan salah satunya adalah mengenai haid/ menstruasi . saya ingin mencatatnya disini , semoga dapat menjadi bahan wacana yg bermanfaat bagi anda , dan menjadi catatan yg dapat saya simpan disini .
   
     Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yg terlepas akibat perubahan kadar hormon enstrogen dan progesterone yg diproduksi oleh indung telur . Terkadang , selaput lendir yg prosesnya menjadi lendir tak sempurna membuat darah haid keluar dalam bentuk gumpalan .
Menstruasi yg hadir secara periodik ini terjadi pada masa remaja dan menjadi penanda bagi seorang perempuan memasuki usia dewasa Dan menstruasi akan berhenti pada saat wanita memasuki masa monopouse. Kehadiran menstruasi pada masa kali pertamanya bervariasi , antara usia 10-16 tahun . Cepat atau lambatnya kemunculan menstruasi ini dipengaruhi oleh faktor hereditas , keadaan gizi dan kesehatan .

Siklus Haid :
    Siklus haid yg masih dalam taraf normal adalah yg jarak haidnya terentang antara 20-35 hari/bulannya . Perhitungannya dimulai dari hari pertama haid hingga hari pertama bulan berikutnya . Jangka waktu siklus haid juga dipengaruhi oleh usia perindividunya . Rata-rata siklus haid pada gadis usia 12tahun adalah 35 , 1 hari . pada wanita usia 43 tahun 27,1 hari . pada wanita usia 55tahun 51,9 hari.
      Jumlah rata-rata hilangnya darah selama masa haid adalah 30ml , atau rentang antara 10-80ml. jumlah darah yg keluar ini juga tergantung pada usia dan penyakit . Pada wanita dengan usia lebih dewasa dan penderita anemia definisi besi , jumlah darah haidnya lebih banyak . Haid yg normal berlangsung antara 2-10 hari . Jika kurang atau lebih lama dari masa tersebut , maka dapat dikategorikan sebagai gangguan . Ketidakteraturan siklus haid dapat disebabkan oleh keadaan mental dan tekanan bathin seseorang , kelelahan , penggunaan alat kontrasepsi atau bisa juga karena penyakit organ reproduksi seperti tumor rahim , tumor indung telur .

Beberapa gejala pre-menstruasi syndrom yg umum terjadi dialami sebagian besar wanita :
1.- Nyeri atau kram perut dan pegal pada pinggang (terkadang hingga ke lutu).
2.- Perasaan malas bergerak , badan menjadi mudah lemas ,serta mudah merasa lelah .
3.- Nafsu makan meningkat dan menyukai makanan yg berasa asam .
4.- Emosi menjadi labil , seperti sensitif , mudah marah , uring-uringan tidak jelas , mimpi buruk saat tidur , confused (merasa bimbang ) dan sebagainya .
5.- Kepala pening , mual , muntah2 .
6.- Kram pada bagian payudara (kadang merasa sakit bila tersentuh) atau munculnya bintik-bintik jerawat diwajah.


4 Macam Gangguan Menstruasi yg dapat terjadi :
-------------------------------------------------------------------
1.- Hipermenorea dan Hipomenorea
      ini adalah kelainan pada banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada saat menstruasi . Hipermenorea adalah perdarahan menstruasi yang melebihi normal . kelainan ini terjadi karna kondisi dalam uterus , misalnya karna adanya mioma uteri dengan permukaan endometrium yg lebih luas dari biasanya . Sedangkan Hipomenorea adalah perdarahan menstruasi yg kurang dari biasanya . Penyebab salah satunya adalah gangguan endokrin . Kedua gangguan ini tidak mengganggu kesuburan wanita .

2.- Polimenorea , Oligomenorea , dan Amenorea.
      Gangguan tersebut adalah sebuah gangguan Siklus. Polimenorea adalah gangguan siklus menstruasi yg kurang dari 21 hari . Perdarahan ini kurang lebih sama atau lebih banyak dari menstruasi biasanya . Penyebabnya adalah gangguan hormonal yg menyebabkan gangguan ovulasi,kongesti ovarium karena peradangan dan endometriosis . Sedangkan Oligomenore adalah siklus haid yg lebih panjang dari biasanya .  Amenorea adalah keadaan tidak adanya haid selama sedikitnya 3bulan berturut-turut atau lebih .
Amonorea terbagi menjadi 2 macam , yaitu Primer dan sekunder . Pada Amonorea primer penderita tidak pernah mendapatkan haid sama sekali . Hal ini disebabkan oleh kelainan kongenital dan genetik . Sedangkan pada Amonorea sekunder penderita tetap mendapatkan menstruasi . penyebab Amonorea sekunder terjadi karena gangguan metabolisme , tumor dsan sebagainya . Kendati 2 hal diatas memiliki penyebab masing2 , namun keduanya juga dapat terjadi karena banyak hal , misalnya , gangguan kejiwaan , gangguan kesehatan , pergantian musim dan makanan , kelelahan dan penyakit umum seperti obesitas .

3.- Metroragia atau Menometroragia .
     adalah gangguan perdarahan yg terjadai dalam masa antara 2 haid. penyebabnya adalah kelainan organik pada alat Genital dan kelainan fungsional .

4.- Mittelschmerz, Matalgia dan dismonorea.
      Mittelschmerz adalah nyeri haid yg terjadi pada pertengahan siklus haid . Mattalgia adalah rasa nyeri dan pembesaran mamma sebelum menstruasi yg menyebabkan peningkatan kadar estrogen .


Penanggulangan :
-----------------------
Pre-Menstruasi :
     1.Mengatur pola makan .Kurangi makanan dingin , pedas , gula kafein (kopi, coklat manis ) dan makan yg berbumbu tajam .
     2. Konsumsi makanan yg mengandung vit c , serat dan kalsium serta perbanyak minum air putih .

Saat Menstruasi :
   1.Perbanyak makan buah , serta makanan yg mengandung zat besi tinggi utk menghindari anemia .
  
Penanggulangan Rasa Nyeri Dan Stress Saat Menstruasi Datang :
1. Konsumsi makanan manis sprti dark coklat , Minum minuman hangat .
2.-Kompress daerah perut bawah pusar dan pinggang dengan air hangat yg dimasukkan kedalam kantong airhangat atau dengan handuk yg sudah dibasahi dg air hangat .
3.Istirahat yg cukup
4.-Olahraga ;
      Ada bebrapa tips olahraga untuk mengurangi rasa nyeri saat haid.
      a.Duduk bersila dengan meletakan lipatan handuk sebagai alas duduk , kedua tangan bertumpu pada kedua lutut dan punggung ditegakkan sambila menarik dan membuang nafas.
      b.Duduk dengan salah satu kaki bertumpu pada kaki satunya (sprti bersila) dimatras menghadap kearah kursi , lalu letakkan 2 tangan bersedekap diatas kursi dan sandarkan kepala pada tangan sembari punggung ditarik.
      c. Berjongkok dengan membuka kedua kaki , siku tangan bertumpu pada kedua lutu dari dalam untuk menahan agar kedua kaki tetap terbuka .
      d. Tidur telungkup diatas matras , kedua tangan bertumpu bertumpu disamping telinga , lalu perlahan mengangkat bagian kepala melengkung hingga kepunggung dengan bertumpu pada tangan .
     

Rasa nyeri pada hari pertama haidh adalah gangguan yg normal terjadi pada sebagian besar wanita . Untuk menanggulanginya , biasakan mengkonsumsi makanan yg sehat , hidup sehat dan olahraga teratur . anda dapat menngunakan tips2 diatas , atau bisa juga mengkonsumsi minuman herbal utk mengurangi rasa nyeri . Hindari mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit , seperti aspirin dsb karna penggunaan dalam waktu yg panjang dapat menimbilkan gangguan kesehatan dan rahim . Jika gangguan yg terjadi masih dalam konsep wajar , maka anda tidak perlu terlau khawatir , akan tetapi jika rasa nyeri dan perdarahan yg anda rasakan sudah benar2 dalam taraf yg tidak normal , misal terasa sangat sakit sekali , atau jumlah darah yg keluar sangat banyak , segera periksakan diri anda ke dokter specialis . karna rasa nyeri yg tdk normal dan darah yg terlalu banyak dpt pula disebabkan oleh tumbuhnya tumor atau gangguan pada servick .

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar