Dzikir Wanita Pagi Dan SOre

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Ya Hayyu , Ya Qayyuum , Birahmatika Astaghiitsu wa laa Takilnii ila Nafsii Thorfata 'Aini Wa Ashlih lii Sya''nii kullahu...

Memperkuat Cinta Lewat Ibadah Bersama

Memiliki kehidupan harmonis dg pasangan adalah dambaan setiap keluarga . Bagaimana menciptakan serta menjaga keharmonisan suami-istri tidaklah mudah , butuh usaha dan pengorbana. Lewat seminar Menjaga Keharmonisan  trainer dan konselor keluarga KINGKIN ANIDA memaparkan , bahwa 65% pasutri dengan masa pernikahan diatas 1 tahun , mendapatkan masalah sama,yg tidak bisa selesai dalam waktu 5 tahun.
Persoalan yg kerap menjadi pemicu , menurut kingkin adalah komunikasi . "Wanita sering merasa suami menjauhinya , sedangkan suami melihat istrinya terlalu meng-intervensinya." Tambah wanita yg aktif sebagai pengajar ini  "Ketika suami mulai menjaga jarak , istri tersakiti dan berkata pada dirinya sensiri -ada yg salah dengan saya??- kemudian bila wanita menjauh , suami berkata dalam hati -apa ya kesalahan saya ??-"

Jalan keluar untuk mengubah komunikasi dibutuhkan ,namun itu tidak cukup. Menambah intensitas pertemuan melalui kegiatan ibadah , menjadi jalan untuk mempererat hubungan keduanya. Allah berfirman dlm al-qur"an surah Ar-Rum ayat 21 "bahwa suami-istri hendaklah saling menumbuhkan suasana hangat dan kasihsayang(mawaddah wa rahmah) "Karena itu , solusi untuk menciptakan dan memperkuat keharmonisan adalah dengan dekat kepada Allah swt .

Al-Qur"an dlm surah At-Taubah ayat 24 menjelaskan , hak dan kewajiban setiap insan untuk memahami hakikat cinta. Karena itu kedua belah pihak harus menyadari bahwa setiap pihak menjadi ujian satu sama lain.

Beberapa kegiatan berikut ini , tak hanya akan mempererat hubungan dengan pasangannya ,namun juga janji Allah untuk merahmati mereka dengan cahaya cinta , memberi solusi , dan mengawetkan cinta keduanya.

1- Shalat Berjamaah.
          Bila ibadah ini menjadi jadwal rutin , tidak hanya pahala yg didulang , namun juga mampu memunculkan kasih sayang dan solidaritas . Manakala suami menjadi imam berdiri didepan istrinya, ia akan merasakan kekuatannya sebagai seoranag pemimpin yang sangat dihormati dan diharapkan kebijaksanaanya. Salam dengan mencium tangan suami menandakan betapa besar kasih sayang istri dan kepatuhannya terhadap suami.

2- Saling Menyimak Tilawah.
           Harus ada dibenak setiap pasangan untuk mamacu satu dengan yabg lainnya. Tak hanya suami yang bisa leluasa tialawah karena tidak diganggu oleh anak2 , suami juga harus menumbuhkan kewajiban ini kepada istrinya.,dengan bergantian menjaga buah hati.
Atau ketika suami membaca kalam ilahi , istri menyimak terjemahannya, atau mengoreksi bacaan. Sungguh indah bila keduanya disibuki aktivitas ini.

3- Saling Menyetor hafalan.
            Masalah seering terjadi karena hal sepele. semua itu buah dari fikiran. Ulama mengingatkan, diri kita adalah apa yang qt pikirkan. Kalau qt beerpikir skala dunia , masalah pribadi menjadi kecil . Tapi kalo seluruh enenrgi hanya untuk memikirkan diri , persoalan kecil menjadi megaraksasa. Saling menyetor hafalan , menurut kingkin , menjadi kegiatan mengikat romantisme , komunikasi pasanganpun menjadi efektif , apalagi bila ditambah dengan memperlancar hafalan baru. Cobalah.

4- Puasa Bersama.
           Seorang istri akan selalu menanti hari istimewa ini , karena kegiatan menyiapkan sahur adalah saat yang berharga baginya . Mulai dari menentukan menu , menjadwalkan jam berapa harus bangun , dan menyiapkan makan sahur , adalah tahapan2 yg membuat istri berlapis antusias.
Membangunkan suami untuk bangun malam sering menjadi cerita tersendiri , ada yang ingin dibelai lembut , atau yng ditetesi air.Semua menjadi cerita cinta yang indah untuk berbagi. Kemudian dipagi hari akan ada notice atau sms yang memotivasi pasangan agar kuat menjalani puasa . Cerita seru ini banyak sekali dikisahkan oleh pasangan harmonis yang bisa melewati pernikahan sampai tahun emas.

5- Qiyamullail Berjamaah (Shalat Malam bersama)
         Setiap pasangan bisa mengetahui bagaimana beratnya pasangan melewati hari itu melalui Qiyamullail.Biasanya, bila suami sedang dalam masalah dikantornya , ia akan berdoa lama sekali , bahkan bisa mencucurkan airmata. Begitu pula jika istrinya sedang menghadapi cobaan berat. Disinilah, tak hanya tumbuh empati tapi juga kecintaan melebihi dirinya sendiri. Qiyamullail sering dijadikan wadah curhat yang sangat efektif.

6- Buka Puasa Bersama.
           Kalau bukber bersama teman kantor, teman sekolah,teman komunitas berkesan, apalagi dengan pasangan.  Biasanya pasangan akan mengajak istrinya berbuka ditempat2 baru , dengan menu baru atau resto2 lama untuk bernostalgia. Kalaupun harus berbuka dirumah, istripun akan menyiapkan menu yang berbeda , lebih dari biasanyasebagai pengorbanan dan kecintaan pada suaminya.

Menjalankan ibadah yang mengharap Ridha Allah bersama pasangan mendapat banyak manfaat, pahala juga berkah . Pasti Allah akan merahmati pasutri dengan kecintaan yang besar .


::Paras::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar